Pengujian Sistem Pengolahan Data Elektronik

Komponen-Komponen Sistem PDE

A. Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras adalah komponen fisik yang digunakan dalam sistem. Konfigurasi utama dalam perangkat keras ini adalah central processing unit (CPU) yang terdiri dari unit pengontrol, unit penyimpanan internal, arithmatic-logic-unit. Selain CPU, ada juga perangkat untuk input dan output.

B. Perangkat Lunak Komputer

Komponen ini terdiri dari program-program dan penggerak yang memfasilitasi pemrograman dan pengoperasian komputer. Perangkat lunak yang berkaitan dengan pekerjaan auditor adalah program sistem dan aplikasi.

Metoda Pengorganisasian Dan Pengolahan Data

A. Metoda Pengorganisasian Data. Metoda pengorganisasian data menyangkut bagaimana data diorganisasi dalam file komputer.
B. Metoda Pengolahan Data. Metoda pengolahan data berhubungan dengan cara data dimasukkan ke dalam dan diproses ke komputer.

Pengaruh Pde Atas Struktur Pengendalian Intern

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang menggunakan komputer baik sebagian ataupun keseluruhan sistem akuntansinya. Berapapun luas pemanfaatan komputer dan apapun metoda pengolahan data yang digunakan, manajemen betanggung jawab untuk menetapkan dan menyelenggarakan struktur pengendalian intern (SPI) yang tepat.

Perbedaan Antara Pengolahan Dengan Komputer Dan Pengolahan Secara Manual

Perbedaan antara pengolahan dengan komputer dan pengolahan secara manual yang berpengaruh terhadap SPI:

 Sistem PDE bisa menghasilkan alur transaksi yang tersedia untuk tujuan audit hanya untuk jangka waktu yang pendek.
 Dalam sistem komputer hanya terdapat sedikit bukti dokumen yang dihasilkan dari prosedur pengendalian dibandingkan dengan sistem manual.
 Informasi dalam sistem manual bisa dilihat secara nyata, sebaliknya file dalam sistem PDE hanya bisa dilihat oleh mesin dan tidak bisa dibaca manusia tanpa bantuan komputer.

Laporan akuntansi yang dihasilkan komputer biasanya lebih tepat waktu sehingga manajemen bisa memperoleh alat bantu yang efektif dalam melakukan supervisi dan review atas operasi perusahaan.

Pengendalian Umum

Pengendalian umum meliputi: (1) Pengendalian Organisasi dan Operasi, (2) Pengendalian Pengendalian Perangkat Keras dan Sistem Perangkat Lunak, (3) Pengendalian akses, (4) Pengendalian data dan prosedur.

Pengendalian Aplikasi

Pengendalian aplikasi meliputi: (1) Pengendalian Input, (2) Otorisasi, (3) Konversi data input, (4) Koreksi kesalahan, (5) Pengendalian Pengolahan, (6) Pengendalian Output.

Pemahaman Tentang SPI

Apabila PDE digunakan dalam aplikasi akuntansi, maka auditor harus mendapatkan pemahaman tentang struktur SPI.

Menetapkan Risiko Pengendalian

Dalam proses penetapan risiko pengendaian pada struktur pengendalian PDE diperlukan hal-hal berikut:
 Mempertimbangkan pengetahuan yang diperoleh dari prosedur-prosedur untuk memperoleh pemahaman.
 Mengidentifikasi salah saji potensialyang mungkin terjadi dalam asersi-asersi.
 Mengidentifikasi prosedur pengendalian yang diperlukan untuk mencegah atau mendeteksi salah saji tersebut.
 Melakukan uji pengendalian.
 Mengevaluasi bukti dan menetapkan risiko.

Untuk mengetahui dan memahami lebih lanjut mengenai materi PENGUJIAN SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK silahkan download materi selengkapnya dengan mengunduhnya di link di bawah ini


Pengujian Sistem Pengolahan Data Elektronik

0 komentar: