Biaya Bahan Baku

BIAYA BAHAN BAKU

Unsur Biaya yang Membentuk Harga Pokok Bahan Baku yang Dibeli

Di dalam memperoleh bahan baku, perusahaan tidak hanya mengeluarkan biaya sejumlah harga beli bahan baku saja, tetapi juga mengeluarkan biaya-biaya pembelian, pergudangan dan biaya-biaya perolehan lain.

Sistem Pembelian
Transaksi pembelian lokal bahan baku melibatkan bagian-bagian produksi, gudang, pembelian, penerimaan barang dan akuntansi. Dokumen sumber dan dokumen pendukung yang dibuat dalam transaksi pembelian lokal bahan baku adalah surat permintaan pembelian, surat order pembelian, laporan penerimaan barang dan faktur dari penjual.

Biaya yang diperhitungkan dalam harga pokok bahan baku yang dibeli
Menurut prinsip akuntansi yang lazim semua biaya yang terjadi untuk memperoleh bahan baku dan untuk menempatkannya dalam keadaan siap untuk diolah, merupakan unsur harga pokok bahan baku yang dibeli. Harga pokok bahan baku terdiri dari harga beli ( harga yang tercantum dalam faktur pembelian ) ditambah dengan biaya-biaya pembelian dan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menyiapkan bahan baku tersebut dalam keadaan siap untuk diolah.

Biaya Unit Organisasi Yang Terkait Dalam Perolehan Bahan Baku
Dalam pembelian bahan baku, unit orgsnisasi yang terkait dalam pembelian baha baku adalah bagian pembelian, bagian penerimaan, bagian gudang dan bagian akuntansi persediaan. Dengan demikian akan timbul kesulitan dalam memperhitungkan biaya pembelian sesungguhnya yang harus dibebankan kepada harga pokok bahan baku yang dibeli.

Penentuan Harga Pokok Bahan Baku yang dipakai DalamProduksi
Dalam persediaan bahan baku yang ada di gudang mempunyai harga pokok per satuan yang berbeda-beda, meskipun jenisnya sama hal ini dapat menimbulkan masalah dalam praktik akuntansi, untuk mengatasi masalah ini diperlukan berbagai macam metode yang diantaranya:
metode identifikasi khusus
metode masuk pertama keluar pertama
metode masuk terakhir keluar pertama
metode rata-rata bergerak
metode biaya standar
metode rata-rata harga pokok bahan baku pada akhir bulan.

Masalah-masalah Khusus yang Berhubungan dengan Bahan Baku
Masalah-masalah yang terjadi dalam proses produksi dalam perusahaan sering terjadi yang diantaranya adalah terjadi sisa bahan, produk cacat dan produk rusak. Yang mana penjelasan masalah-masalah tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:
sisa bahan
produk rusak
produk cacat


DOWNLOAD MATERI LENGKAP:

Biaya Bahan Baku


DOWNLOAD MATERI YANG BERHUBUNGAN:


Pengertian Akuntansi Biaya, konsep Biaya, dan Klasifikasi Biaya


0 komentar: