AUDITING dan PROFESI AKUNTAN PUBLIK

Informasi yang dapat diandalkan sangat dibutuhkan masyarakat dalam hampir setiap pengambilan keputusan ekonomi. Informasi akan lebih dipercaya apabila informasi tersebut dibuat atau dikuatkan oleh pihak yang independen. Sehubungan dengan tuntutan yang semakin meningkat akan informasi independen yang bisa dipercaya, dalam masyarakat dewasa ini banyak dijumpai pemberian jasa penjaminan (assurance services) yang dilakukan oleh para profesional.

AUDITING dan PROFESI AKUNTAN PUBLIK.

AUDITING didefinisikan sebagai proses sistematik pencarian dan pengevaluasian secara obyektif bukti mengenai asersi tentang peristiwa dan tindakan ekonomik untuk meyakinkan kadar kesesuaian antara asersi tersebut dengan kriteria yang ditetapkan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan.

Perbedaan dan hubungan antara AUDITING dengan Akuntansi.

Sekalipun auditing dan akuntansi saling berkaitan, namun kedunya berbeda satu sama lain.

Peran AUDITING

Kontribusi auditor independen adalah membubuhkan kredibilitas atas informasi. Dalam hal ini kredibilitas berarti bahwa informasi dapat dipercaya sehingga bisa diandalkan oleh pihak luar seperti pemegang saham, kreditor, pelanggan, dan pihak yang berminat lainnya.

Jenis AUDITING

AUDITING biasanya diklasifikasikan ke dalam tiga kategori : audit laporan keuangan, audit ketaatan, dan audit operasional.

Jenis Auditor

Dalam AUDITING, Auditor biasanya digolongkan ke dalam tiga kategori : Auditor External, Auditor Internal, Auditor Pemerintah

Jasa perikatan yang dilakukan oleh kantor akuntan publik

Setiap jasa perikatan ( engagement service ) dapat diklasifikasikan sebagai perikatan atestasi dan perikatan nonatestasi.

Untuk mengetahui dan memahami lebih lanjut mengenai materi AUDITING dan PROFESI AKUNTAN PUBLIK silahkan download materi selengkapnya dengan mengunduhnya di link di bawah ini


AUDITING dan PROFESI AKUNTAN PUBLIK

0 komentar: