AUDIT LAPORAN KEUANGAN dan TANGGUNG JAWAB AUDITOR

AUDIT LAPORAN KEUANGAN memegang peranan yang sangat penting dalam perekonomian dan dunia bisnis. Dalam bagian awal materi ini akan dibahas tentang beberapa hal yang mendasari AUDIT LAPORAN KEUANGAN, berikutnya akan dibahas tentang standar auditing yang merupakan pedoman pelaksanaan audit. Selanjutnya akan dibahas tentang TANGGUNG JAWAB AUDITOR.

Hal-hal yang mendasari audit : Hubungan Antara Akuntansi Dengan Pengauditan, data laporan keuangan harus bisa diverifikasi.

Penyebab terjadinya resiko
Penyebab terjadinya resiko informasi besar kemungkinan karena ketidaktepatan laporan keuangan. Beberapa faktor penyebab menyebabkan hal tersebut adalah : Informasi Diterima dari Pihak Lain, Bias dan Motivasi Pembuat Informasi, Volume Data, Kerumitan Transaksi.

Cara Mengurangi Resiko Informasi
Ada tiga pilihan yang mungkin dilakukan untuk mengurangi resiko informasi yaitu : Pemakai Laporan Melakukan Sendiri Verifikasi atas Informasi, Pemakai Membebankan Risiko Informasi pada Manajemen, Disediakan Laporan Keuangan Yang telah Diaudit.

Manfaat ekonomis suatu audit
Manfaat ekonomis suatu audit laporan keuangan antara lain: Akses ke Pasar Modal, Biaya Modal Menjadi Lebih Rendah, Pencegah Terjadinya Ketidakefisienan dan Kecurangan, Perbaikan dalam Pengendalian dan Operational.

Keterbatasan pengauditan
Tidak ada audit yang dapat memberi jaminan penuh bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material yang timbul dari kesalahan pengolahan data atau kesalahan pertimbangan dalam memilih dan menerapkan prinsip akuntansi.

Pihak yang berinteraksi dengan Audior
Dalam suatu audit atas laporan, auditor menjalin hubungan profesional dengan berbagai pihak yaitu : manajemen, dewan komisaris dan komite audit, auditor intern, pemegang saham.

Standar Auditing
Ikatan Akuntan Indonesia ( IAI ) sebagai organisasi profesi berkewajiban untuk menetapkan standar auditing. Untuk melaksanakan tugas tersebut IAI membentuk Dewan Standar Audit yang ditetapkan sebagai badan teknis senior dari IAI untuk menerbitkan pernyataan-pernyataan tentang standar auditing. Dewan ini juga berkewajiban untuk membuat pedoman penerapan pernyataan standar auditing bagi para auditor dengan menerbitkan penafsiran atau interpretasi.

TANGGUNG JAWAB AUDITOR dan kesenjangan ekspektasi
TANGGUNG JAWAB AUITOR dan Kesenjangan ekspektasi sebagian besar berhubungan dengan tiga hal : menemukan dan melaporkan kekeliruan dan ketidak beresan, mendeteksi dan melaporkan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh klien, melaporkan apabila terdapat ketidak pastian mengenai kemampuan perusahaan klien untuk melanjutkan usahannya atau mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Untuk mengetahui dan memahami lebih lanjut mengenai materi AUDIT LAPORAN KEUANGAN dan TANGGUNG JAWAB AUDITOR silahkan download materi selengkapnya dengan mengunduhnya di link di bawah ini

AUDIT LAPORAN KEUANGAN dan TANGGUNG JAWAB AUDITOR

0 komentar: